Senin, 16 November 2015

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA (PEMPEK ENDUT)



PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
RESTORAN PEMPEK “ENDUT”

I.       LatarBelakang
Indonesia kaya akan ragam makanannya yang bervariasi. Setiap daerah memiliki budaya, kebiasaan, gaya hidup, cita rasa, dan selera yang berbeda pula. Pada setiap kota atau daerah di Indonesia, mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Misalnya saja bila kita mengingat pempek pasti hal pertama yang kita ingat adalah pempek Palembang.
Sampai tahun 2013, Indonesia baru memiliki wirausaha muda sebanyak 3,7 juta atau sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Target 2014 menjadi 1,6 % (www.vivanews.co.id). Untuk mendukung program pemerintah dalam menciptkan pertumbuhan jumlah wira usaha muda Indonesia, kami menyusun sebuah proposal pendirianusahadengan ide bisnis dibidang kuliner tradisonal.
Menurut cerita sejarah, Pempek berasal dari nama seorang pria keturunan Tionghoa.Sebelumnya makanan buatan Apek belumlah ada namanya, namun lambat laun karena Apek menjual keliling makanan buatannya dan ketika warga memanggil namanya untuk membeli dagangannya terdengar hanya ujung namanya,yaitu “peek..peek” akhirnya makanan buatan Apek populer dengan nama pempek yang merupakan hasil plesetan nama sang pembuat pempek pertama kali. Pempek disajikan dengankuah yang biasa disebut orang dengan nama cuko.
Usaha pempek yang akan dibangun yakni Pempek “Endut”. Pempek “Endut”merupakan sebuah bisnis yang lahir dari sebuah inovasi terhadap sebuah produk makanan tradisional Kota Palembang. Nama Pempek “Endut”terinspirasi dari bentukpempekkapalselam yang bulatdangendut.

II.    Tujuan
Terdapat beberapa tujuan dari didirikannya usaha Pempek “Endut”,yaitu:
1.    Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.    Mengembangkan salah satu makanan khas Palembang, yaitu pempek.
3.    Mengurangi tingkat pengangguran.
4.    Menjalin persahabatan antara pelanggan.
5.    Mendapatkan keuntungan atau laba.

III. Profil Organisasi
1.      Nama Perusahaan        : Pempek “Endut”
2.      Alamatperusahaan       : Jl. Khasanah13, Bukit Besar, Palembang
3.      WaktuOperasional      : pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB

IV. Visi dan Misi Organisasi
4.1  Visi Organisasi
a      Melestarikan dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama  Pempek.
b      Menjadikan sebuah jenis usaha pempek yang maju dan kreatif serta mempunyai cita rasa yang khas dan lezat.
c      Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dalam usaha Pempek “Endut” guna memuaskan konsumen.
d     Menjadikan sebuah usaha Pempek “Endut” yang terkenal di dalam dan di luar daerah.
e      Menjadikan usaha pempek yang dicari masyarakat sebagai tempat untuk pemenuhan kebutuhan makanan sekunder.

4.2  Misi Organisasi
a      Menjual pempek berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk kalangan anak muda dan semua umur demi kepuasan pelanggan sehingga banyak konsumen yang minat.
b      Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
c      Mengelola usaha pempek sesuai dengan bisnis yang sehat dengan didukung oleh kreatifitas dan imajinasi seseorang dan sumber daya manusia yang professional guna mendukung gerakan generasi usaha muda.
d     Menyediakan dan selalu melakukan inovasi secara berkelanjutan terhadap pempek.

V.    Kepengurusan Organisasi
Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik         : Aza Dwi Noorindah
Alamat pemilik       : Jl. Demang Lebar Daun Blok AB No. 13 Palembang
No. Telp                 : 081272746834

Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pemilik                   : Aza Dwi Noorindah
Penanggung Jawab : Umi Lestari
Sekretaris                : Carin Rizqy Yovanda
Bendahara              :Rahma Rani

VI. Aspek Pemasaran
6.1  Potensi Pasar
Produk yang akan kami pasarkan berada di lingkungan kampus. Harga yang terjangkau dan tingginya permintaan pasar, membuat kami yakin bahwa pasar kami sangat potensial.
6.2  Objek Pasar
Produk yang kami buat dan jual adalah makanan yang enak dan bergizi sehingga produk kami sangat cocok bagi semua kalangan.
6.3  Target/Sasaran Pasar
Sasaran pasar yang kami tuju adalah mahasiswa di lingkungan kampus dan juga masyarakat umum.

VII.       Aspek Sumber Daya Manusia
Usaha ini merupakan usaha pempek menengah yang terbilang baru. Berikut adalah susunan tenaga kerja yang dibutuhkan:
1.      Jabatan                        : Pemilik
Jam Kerja        : 09.00-18.00
Jumlah             : 1 Orang
Tugas               : Memimpin jalannya usaha dan mengambil keputusan
2.      Jabatan                        : ManajerPemasaran
Jam Kerja        : 09.00-19.00
Jumlah             : 1 Orang
Tugas               : - Mengorganisir dan mengawasi jalannya usaha.
- Melakukan monitoring terhadap perkembangan usaha.
- Memberi perintah/tugas kerja kepada Bagian-bagian.
3. Jabatan              : Bagian Persediaan dan Bagian Pengiriman
Jam Kerja           : 09.00-20.00
Jumlah               : 2 Orang
Tugas                 : - Mengontrol makanan baik yang di display maupun yang
di produksi.
   - Mengecek barang yang layak atau tidaknya di display.
   - Menghitung dan melaporkan makanan yang dikirim.
   - Melakukan pengemasan.
4.      Jabatan                        : Bagian Akuntansi
Jam Kerja        : 09.00-20.00
Jumlah             : 1 Orang
Tugas               :- Melakukan pencatatan akuntansi.
                             - Melaporkan kondisi keuangan per triwulan.
5.    Jabatan               : Bagian Pembelian dan Bagian Penjualan/Kasir
Jam Kerja           : 09.00-20.00
Jumlah               : 2 Orang
Tugas                 :- Menerima transaksi pembayaran.
                             - Melaporkan hasil transaksi kepada bagian Akuntansi.
                             - Melakukan cek terhadap makanan yang akan dibeli.
                              - Berorientasi meningkatkan penjualan
6.    Jabatan               : Karyawan
Jam Kerja           : 09.00-20.00
Jumlah               : 4 Orang
Tugas                 : Melakukan kegiatan jual beli dan memberikan pelayanan.

VIII.       Aspek Keuangan
1.      Aspek Modal
-          Bahan Baku
1.      Terigu                                Rp50.000
2.      Tepung kanji                     Rp 50.000
3.      Telur puyuh                       Rp 50.000
4.      Air                                     -
5.      Garam                               Rp 20.000
6.      Ikan                                   Rp 200.000
7.      Minyak goreng                  Rp 100.000
8.      Telur                                  Rp 30.000
Total                                  Rp 500.000
-          Bahan Cuka
1.      Asam jawa                                    Rp 10.000
2.      Gula jawa                          Rp 50.000
3.      Cabai                                 Rp 150.000
4.      Bawang                             Rp 100.000
5.      Rebon                                Rp 40.000
Total                                  Rp 350.000
-          Lain-lain                                  Rp 150.000
Sehingga total modal yang dibutuhkan adalahRp 1.000.000      

2.      Perhitungan Keuntungan
HargaJual  : Rp 5.000 x 200 pempek adaan                     =Rp 1.000.000
                    Rp 10.000 x 50 pempek kapal selam            = Rp 500.000
Total                                                                                 = Rp 1.500.000          
Maka laba bersih nya adalah Rp 500.000

IX. Analisis 4P (Bauran Pemasaran)
1.    Product (Produk)
Produk yang kami jual adalah Pempek “Endut” yang merupakan makanan warisan budaya Indonesia yang sangat digemari masyarakat.
2.    Price (Harga)
Harga per pempek berkisar antara Rp 2500 hingga Rp 10.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah.
3.    Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk, yang kami lakukan adalah dengan menggunakan spanduk besar yang menarik perhatian, promosi mouth to mouth, promosi media sosial, dan juga menggunakan media cetak lokal.
4.    Place (Tempat)
Lokasi tempat usaha ini berada di daerah Bukit Besar, tepatnya di lingkungan Universitas Sriwijaya sehingga sangat strategis untuk dijadikan tempat usaha.

X.  Analisis SWOT
1.    Strength (Kekuatan)
-          Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif dalam menjadikan usaha Pempek “Endut” menjadi usaha terbaik.
-          Lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan tempatnya modern.
-          Memiliki cita rasa yang khas dan lezat.
-          Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
-          Menawarkan harga yang sangat terjangkau.

2.    Weakness (Kelemahan)
-          Persaingan pasar dengan usaha pempek yang lebih besar dan lebih dahulu.
-          Pempek “Endut” ini tidak bertahan lama dan mudah keras apabila suda lama digoreng.
-          Makanan Pempek “Endut” mudah ditiru.
3.    Oportunity (Peluang)
-          Dengan tetap menjaga cita rasa yang khas dan lezat Pempek “Endut”, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan usaha pempek yang lebih dahulu.
-          Saat ini dengan belum adanya usahaPempek “Endut” dengan bidang usaha sejenis di Demang Lebar Daun yang lokasi usahanya bernuansa modern dan tempatnya nyaman.
4.    Threaty (Ancaman)
-          Munculnya pesaing-pesaing baru yang sejenis yang berusaha menyaingi usaha pempek kami, dengan cita rasa yang khas dan lezat serta menjualnya dengan harga yang lebih murah.

XI.             Penutup
Proposal ini bermanfaat dalam pendirian usaha restoran Pempek“Endut” yang merupakan inovasi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal kuliner untuk memberikan sajian pempek yang lezat dengan nuansa tempat yang modern.
Demikianlah proposal pendirian usaha restoran Pempek “Endut” ini dibuat. Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga. Dalam hal ini, restoran Pempek “Endut” mengetahui kebutuhan konsumen, tujuan, dan sasaran yang akan dituju. Harapan kami untuk usaha restoran ini ialah supaya dapat cepat dikenal masyarakat dalam pencarian kuliner pempek terkini dan semakin melestarikan kuliner khas Palembang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CELOTEH AZHOY Template by Ipietoon Cute Blog Design