PROPOSAL PENDIRIAN USAHA
RESTORAN PEMPEK “ENDUT”
I.
LatarBelakang
Indonesia
kaya akan ragam makanannya yang bervariasi. Setiap daerah memiliki budaya,
kebiasaan, gaya hidup, cita rasa, dan selera yang berbeda pula. Pada setiap kota
atau daerah di Indonesia, mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri.
Misalnya saja bila kita mengingat pempek pasti hal pertama yang kita ingat adalah
pempek Palembang.
Sampai tahun 2013, Indonesia baru memiliki wirausaha muda
sebanyak 3,7 juta atau sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduk di Indonesia.
Target 2014 menjadi 1,6 % (www.vivanews.co.id). Untuk mendukung program pemerintah dalam menciptkan
pertumbuhan jumlah wira usaha muda Indonesia, kami menyusun sebuah proposal pendirianusahadengan ide bisnis dibidang kuliner tradisonal.
Menurut cerita sejarah, Pempek berasal dari nama seorang
pria keturunan Tionghoa.Sebelumnya makanan buatan Apek belumlah ada namanya,
namun lambat laun karena Apek menjual keliling makanan buatannya dan ketika
warga memanggil namanya untuk membeli dagangannya terdengar hanya ujung
namanya,yaitu “peek..peek” akhirnya makanan buatan Apek populer dengan nama
pempek yang merupakan hasil plesetan nama sang pembuat pempek pertama kali.
Pempek disajikan dengankuah yang biasa disebut orang dengan nama cuko.
Usaha pempek yang akan dibangun yakni Pempek “Endut”. Pempek “Endut”merupakan sebuah bisnis yang lahir dari sebuah inovasi
terhadap sebuah produk makanan tradisional Kota Palembang. Nama Pempek “Endut”terinspirasi dari bentukpempekkapalselam
yang bulatdangendut.
II. Tujuan
Terdapat beberapa tujuan dari didirikannya
usaha Pempek “Endut”,yaitu:
1.
Berperan
aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.
Mengembangkan
salah satu makanan khas Palembang, yaitu pempek.
3.
Mengurangi
tingkat pengangguran.
4.
Menjalin
persahabatan antara pelanggan.
5.
Mendapatkan
keuntungan atau laba.
III. Profil Organisasi
1. Nama
Perusahaan : Pempek “Endut”
IV. Visi dan Misi Organisasi
4.1 Visi Organisasi
a Melestarikan
dan memperkaya makanan khas Indonesia terutama Pempek.
b Menjadikan sebuah jenis usaha pempek yang maju dan kreatif serta mempunyai cita
rasa yang khas dan lezat.
c Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dalam usaha Pempek “Endut” guna memuaskan konsumen.
d Menjadikan sebuah usaha Pempek “Endut” yang terkenal di dalam dan di luar daerah.
e Menjadikan usaha
pempek yang dicari masyarakat sebagai tempat
untuk pemenuhan kebutuhan makanan sekunder.
4.2 Misi Organisasi
a Menjual pempek berkualitas dan bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk
kalangan anak muda dan semua umur demi kepuasan pelanggan sehingga banyak konsumen yang minat.
b Memberikan dan
menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan
pelanggan.
c Mengelola usaha pempek sesuai dengan bisnis yang sehat dengan didukung oleh kreatifitas
dan imajinasi seseorang dan sumber daya manusia yang professional guna mendukung
gerakan generasi usaha muda.
d Menyediakan
dan selalu melakukan inovasi secara
berkelanjutan terhadap pempek.
V. Kepengurusan
Organisasi
Nama dan Alamat
Pemilik
Nama pemilik : Aza Dwi Noorindah
Alamat pemilik : Jl. Demang Lebar Daun Blok AB No. 13
Palembang
No. Telp : 081272746834
Personalia
dan Perlengkapan Kantor
Pemilik :
Aza Dwi Noorindah
Penanggung Jawab : Umi Lestari
Sekretaris :
Carin Rizqy
Yovanda
Bendahara :Rahma Rani
VI. Aspek Pemasaran
6.1 Potensi Pasar
Produk yang akan kami pasarkan berada di lingkungan kampus. Harga yang
terjangkau dan tingginya permintaan pasar, membuat kami yakin bahwa pasar kami
sangat potensial.
6.2 Objek Pasar
Produk yang kami buat dan jual adalah makanan yang enak dan bergizi sehingga
produk kami sangat cocok bagi semua kalangan.
6.3 Target/Sasaran
Pasar
Sasaran pasar yang kami tuju adalah mahasiswa di lingkungan kampus dan juga
masyarakat umum.
VII.
Aspek Sumber Daya Manusia
Usaha ini merupakan usaha pempek menengah yang terbilang baru. Berikut adalah susunan tenaga kerja
yang dibutuhkan:
1.
Jabatan : Pemilik
Jam Kerja : 09.00-18.00
Jumlah : 1 Orang
Tugas : Memimpin jalannya usaha dan mengambil
keputusan
2.
Jabatan : ManajerPemasaran
Jam Kerja : 09.00-19.00
Jumlah : 1 Orang
Tugas : - Mengorganisir dan mengawasi jalannya usaha.
- Melakukan
monitoring
terhadap
perkembangan usaha.
-
Memberi
perintah/tugas kerja kepada Bagian-bagian.
3.
Jabatan :
Bagian Persediaan dan Bagian
Pengiriman
Jam Kerja : 09.00-20.00
Jumlah : 2 Orang
Tugas : - Mengontrol makanan baik yang di display maupun yang
di produksi.
- Mengecek barang yang layak atau tidaknya di display.
- Menghitung dan melaporkan makanan yang dikirim.
- Melakukan pengemasan.
4.
Jabatan : Bagian Akuntansi
Jam Kerja : 09.00-20.00
Jumlah : 1 Orang
Tugas :- Melakukan
pencatatan akuntansi.
- Melaporkan kondisi keuangan per triwulan.
5.
Jabatan : Bagian Pembelian
dan Bagian Penjualan/Kasir
Jam Kerja : 09.00-20.00
Jumlah : 2 Orang
Tugas :- Menerima transaksi pembayaran.
- Melaporkan
hasil transaksi kepada bagian Akuntansi.
- Melakukan cek
terhadap makanan yang akan dibeli.
- Berorientasi
meningkatkan penjualan
6.
Jabatan : Karyawan
Jam Kerja : 09.00-20.00
Jumlah : 4 Orang
Tugas : Melakukan kegiatan jual beli dan memberikan pelayanan.
VIII. Aspek Keuangan
1. Aspek
Modal
-
Bahan Baku
1. Terigu Rp50.000
2. Tepung
kanji Rp 50.000
3. Telur puyuh Rp 50.000
4. Air -
5. Garam Rp 20.000
6. Ikan Rp 200.000
7. Minyak goreng Rp 100.000
8. Telur Rp 30.000
Total Rp 500.000
-
Bahan Cuka
1. Asam jawa Rp 10.000
2. Gula jawa Rp 50.000
3. Cabai Rp 150.000
4. Bawang Rp 100.000
5.
Rebon Rp
40.000
Total Rp 350.000
-
Lain-lain Rp
150.000
Sehingga
total modal yang dibutuhkan adalahRp 1.000.000
2. Perhitungan
Keuntungan
HargaJual : Rp 5.000 x 200 pempek adaan =Rp
1.000.000
Rp
10.000 x 50 pempek kapal selam =
Rp 500.000
Total = Rp 1.500.000
Maka laba bersih
nya adalah Rp 500.000
IX. Analisis
4P (Bauran Pemasaran)
1. Product (Produk)
Produk
yang kami jual adalah Pempek “Endut” yang merupakan makanan warisan budaya
Indonesia yang sangat digemari masyarakat.
2. Price (Harga)
Harga per
pempek berkisar antara Rp 2500 hingga Rp 10.000 karena harga ini sangat terjangkau
dan relatif murah.
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan
promosi produk, yang kami lakukan adalah dengan menggunakan spanduk besar yang
menarik perhatian, promosi mouth to mouth,
promosi media sosial, dan juga menggunakan media cetak lokal.
4. Place
(Tempat)
Lokasi tempat usaha ini berada di daerah
Bukit Besar, tepatnya di lingkungan Universitas Sriwijaya sehingga sangat strategis
untuk dijadikan tempat usaha.
X. Analisis
SWOT
1. Strength (Kekuatan)
-
Bertanggung jawab, disiplin kerja,
kreatif dan inovatif dalam menjadikan usaha Pempek “Endut” menjadi
usaha terbaik.
-
Lokasi
yang strategis, mudah
dijangkau, dan tempatnya modern.
-
Memiliki
cita rasa yang khas dan lezat.
-
Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
-
Menawarkan
harga yang sangat terjangkau.
2. Weakness (Kelemahan)
-
Persaingan pasar dengan usaha pempek yang lebih besar dan lebih
dahulu.
-
Pempek “Endut” ini tidak bertahan lama dan mudah keras apabila suda lama digoreng.
-
Makanan
Pempek “Endut” mudah ditiru.
3. Oportunity (Peluang)
-
Dengan tetap menjaga cita rasa yang khas dan lezat Pempek “Endut”, kami yakin kami dapat bersaing walaupun
harus bersaing dengan usaha pempek
yang lebih dahulu.
-
Saat ini dengan belum adanya usahaPempek
“Endut”
dengan
bidang usaha sejenis di Demang Lebar Daun yang lokasi usahanya bernuansa modern
dan tempatnya nyaman.
4. Threaty (Ancaman)
-
Munculnya pesaing-pesaing baru
yang sejenis yang berusaha menyaingi usaha pempek kami, dengan cita rasa yang khas dan lezat serta menjualnya dengan
harga yang lebih murah.
XI.
Penutup
Proposal ini bermanfaat dalam pendirian
usaha restoran Pempek“Endut” yang merupakan
inovasi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal kuliner
untuk memberikan sajian pempek yang lezat dengan nuansa tempat yang modern.
Demikianlah proposal pendirian usaha
restoran Pempek “Endut” ini dibuat. Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan
orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
Dalam hal ini, restoran Pempek “Endut” mengetahui
kebutuhan konsumen, tujuan, dan sasaran yang akan dituju. Harapan kami untuk usaha
restoran ini ialah supaya dapat cepat dikenal masyarakat dalam pencarian kuliner
pempek terkini dan semakin melestarikan kuliner khas Palembang.
0 komentar:
Posting Komentar